Dari Seorang Adik Pencemburu


Kalau kau menghabiskan jagung dalam stoples yang dibuat Emak untuk kita, kenapa aku tidak boleh memakan tempe tepung yang dibuat Emak, juga untuk kita?

Kau boleh saban hari duduk menekuni hobi. Aku bekerja sampai lelap. Untukmu.

Kau berceloteh tawa dengan Emak kapan pun kau mau. Mengajukan hal serius kapan pun merasa ingin. Ketika aku bercanda, cairkan beku pagi, matamu melotot sebesar kelopak bunga matahari.

Kau pandai menentukan kapan kau hendak bicara dan didengar, kenapa mendengarku kau enggan?

Celamu terhadap realitas selalu benar, tapi kenapa aku selalu salah ketika mengkritikmu?

Benar. Aku ingin lari.

Hanya saja, Emak menahanku.

Leave a Reply

