Relatif


Keindahan itu bagi saya relatif. Begitu juga dengan kata-kata sifat lain semisal bagus, elok, lucu, berani, dan serius. Setiap individu memiliki hak untuk menetapkan “yang ideal” terhadap semua kata sifat. Itu berarti, ukuran tiap individu mengenai satu kata dapat dipastikan berbeda dengan individu lain. Misal, saat saya mengatakan pemandangan di sekitar kampus saya indah, belum tentu orang lain akan setuju dengan pendapat saya. Begitu juga saat saya menganggap apa yang saya lakukan adalah sesuatu yang serius, belum tentu orang lain akan setuju. Keindahan dan keseriusan di mata setiap individu berbeda.

Saat individu sudah memiliki alasan yang kuat dan masuk akal mengenai pandangannya, menyepakati segala sesuatu bersama-sama akan menjadi hal yang sulit. Kita memang masih bisa menyepakati bersama hal-hal seperti, tidak berani itu berarti takut atau tidak serius itu berarti bercanda. Tapi itu hanya permainan antonim. Tetap saja di dalamnya terdapat kata-kata yang harus dibuat konstruksinya dan ditetapkan “yang ideal”nya.

Dengan konstruksi akan kata-kata itu, kita tidak akan pernah sama. Kita beragam. Bagi saya beragam itu indah. Bagimu? Yaah, memang relatif…

Leave a Reply

