Cemburu, Wajar?


Dalam beberapa kesempatan, saya memang bisa bertindak aneh. Misalnya dalam hal-hal yang berkaitan dengan orang-orang terdekat saya. Saat seseorang yang dekat dengan saya sedang bersenang-senang serta menghabiskan waktu dengan teman-teman terdekatnya yang lain, dengan segera, otak saya akan mulai berpikir kurang rasional. Sering ada perasaan mengganjal. Entah namanya apa. Yang pasti, perasaan yang satu itu bersikap tidak peduli apakah saya kenal atau tidak dengan teman-temannya. Ada dua kemungkinan: satu, saya egois dan pencemburu. Kasarnya, bahagia dia hanya untuk saya. Kemungkinan kedua, saya merasa iri. Saya iri tidak punya kesempatan untuk melakukan berbagai kesenangan seperti yang dia lakukan. Saya juga iri saat mendengar cerita tentang dia dan teman-temannya yang selalu berhaha-hihi atau melakukan hal-hal gila. Saya memang bisa dibilang punya jauh lebih sedikit waktu untuk berkumpul dengan teman dan kerabat. Bukan karena sibuk, tapi seringkali saya sulit menempatkan diri. Jadinya, saya sering merasa tidak nyaman. Seorang teman dekat, yang juga sering saya “cemburui” pernah bilang, “Waktu ada di suatu tempat, kita harus 100% ada di situ.” Bagi saya itu masih sulit.

Tapi jika ternyata saya merasa cemburu, saya merasa hal itu adalah sesuatu yang tidak seharusnya dirasakan. Bagi saya cemburu macam itu bisa ditolerir. Dan akibat merasakannya, kadang saya merasa lemah dan agak menyesal.

Kedua kemungkinan di atas sangat mungkin terjadi pada siapapun. Manusia memang bisa berperasaan sangat egois. Kini saya hanya berusaha menangkalnya saat tiba-tiba perasaan itu datang. Saya memang hanya manusia. Perempuan. Bukan yang Maha Pemberi. Yang mau membagi-bagikan waktunya dengan orang terdekat kepada orang lain.

One thought on “Cemburu, Wajar?

  1. itu saya rasakan waktu saya smp dan smu. Sabar saja, perasaan-perasaan itu berkurang seiring tambah umur.

Leave a Reply

