Seperti Apa?


Pagi ini sama seperti pagi lainnya. Ada keinginan untuk menjalani hari dengan sempurna, tapi pesimis akan kecewa karena bertemu dengan orang-orang yang kadang membuat kesal. Orang memang beragam. Tingkah laku dan pemikirannya kadang di luar ideal, menurut saya. Bukan tak mungkin juga saya akan bertemu (lagi) dengan orang yang menganggap dirinya sudah suci. Padahal ia percaya Tuhan. Kenapa saya bilang padahal? Karena orang yang percaya Tuhan akan selalu percaya dan menghargai kemampuan Tuhannya. Bukan pesimis terhadap kemampuanNya. Bagi saya, mempertanyakan hak dan kebebasan berekspresi itu sama dengan mempertanyakan penciptaan Tuhan akan jenis pemikiran yang berbeda. Misalnya, kok dia melakukan ini? Kok dia begitu sih? Kenapa bisa berpikiran gitu? Kenapa gini? Intinya, persepsinya selalu benar. Lagipula toh ia akan bisa menjawab dan mencari alasan sendiri jika memang merupakan orang cerdas. Tapi masa iya Tuhan seolah mengelompokkan kemampuan intelektual untuk hal seperti ini? Untuk kasus itu, mungkin bisa dikatakan too old to understand. Terlalu kolot!

Tapi ya begitulah. Orang memang beragam. Seperti apa yang akan saya temui hari ini? Entahlah.

Leave a Reply

