Diperkenalkan


Suatu sore menjelang malam minggu, saya sibuk. Saya  mulai menyiapkan banyak hal. Bukan menyiapkan hal-hal bersifat kebendaan, tapi hal istimewa yang sebelumnya saya anggap enteng. Saat matahari terbenam, saya menyadari bahwa yang akan saya lalui bukan hal yang enteng dan sederhana. Karena itu, saya pun sibuk. Nalar dan mental mulai bekerja. Menyiapkan diri. Saat hari benar-benar sudah malam, saya diperkenalkan. Saya selalu ngotot mengatakan bahwa diperkenalkan dan memperkenalkan diri itu berbeda. Kata diperkenalkan seolah terpaksa. Tidak ada keinginan untuk memperkenalkan diri.

Malam itu, di sebuah rumah yang penuh kehangatan, saya duduk di atas karpet yang saya pikir adalah satu dari penyebab kehangatan malam itu. Saya dikelilingi orang-orang baru yang kadang tertawa tergelak menertawakan ucapan sendiri atau sesamanya. Bukan hanya itu, kadang mereka memperhatikan gerak-gerik saya dengan pandangan menuntut untuk mengatakan sesuatu, yang membuat mereka mengenal saya. Kali itu saya akui, diperkenalkan itu ternyata bukan sesuatu yang enteng. Saya tegang meski toh akhirnya suasana mencair.

Dan akhirnya, saat saya tak lagi tegang dan sungkan, saat saya menemukan kenyamanan. Saya memutuskan bahwa saat itu saya tidak dalam keadaan diperkenalkan, tapi memperkenalkan diri.

Memperkenalkan diri itu ternyata menyenangkan. Mendengar dan didengar. Memperhatikan dan diperhatikan. Kesemuanya itu adalah hal yang saya suka. Dan malam itu, saya berada di lingkungan keluarga yang mulai saya kenal dan mengenal saya. Menyenangkan.

Dan hingga kini pun, saya tidak berniat berhenti memperkenalkan diri pada mereka. Saya berniat untuk melebur tawa dengan mereka.

Leave a Reply

