Media dan Kita


Media masa merupakan hal yang berpengaruh besar dalam perkembangan remaja. Baik secara fisik, maupun cara berpikir. Iklan-iklan yang berjejalan di televisi, koran, majalah, dan sebagainya tanpa disadari membentuk cara seseorang memandang. Iklan sekarang sudah bukan hanya bergaya persuasif, tapi bahkan bersifat memaksa. Cara remaja memandang tubuh, utamanya kecantikan, dibentuk oleh iklan. Ditambah lagi, tulisan dan tema di media pun mendukung hal tersebut. Selera pasar memang sangat menentukan itu semua. Namun alangkah mulianya jika media berkeinginan untuk membangun cara berpikir remaja agar lebih kritis. Tentu saja itu dapat digunakan dengan cara menulis hal-hal yang lebih berbobot meski dengan cara yang sederhana. Menurut saya, bobot dapat ditentukan oleh berpikir atau tidaknya si remaja saat membaca tulisan dalam media tersebut. Tak masalah jika hal yang diangkat merupakan sesuatu yang remeh, asalkan diangkat dengan cara yang jauh lebih cerdas.

Sebagai seorang remaja yang mengamati lingkungan dan media, saya berpendapat bahwa jauh lebih banyak remaja yang menunggu liputan tentang fashion dan hal-hal berbau entertainment di media dibandingkan dengan yang menunggu liputan yang lebih berbobot seperti peristiwa-peristiwa yang menuntut ketajaman menganalisis mereka. Tidak harus memang. Tapi suatu saat, para remaja akan beranjak dewasa dan dipastikan akan butuh hal-hal yang tidak selalu berbau eksak dan ‘sekolahan’. Akan sangat memalukan rasanya jika banyak remaja yang buta sama sekali mengenai pengetahuan umum yang seharusnya mereka dapatkan.

Kita, para remaja memang dirasa butuh bersentuhan dengan hal-hal yang sebelumnya dianggap tabu semisal ekonomi negara, politik, filsafat, sosial-budaya, dan banyak lainnya. Itu pasti dibutuhkan suatu saat di kehidupan. Media adalah juga orangtua  yang jika dimanfaatkan dengan maksimal, akan berpengaruh besar untuk kita, para remaja.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s