Suatu Siang Yang Terik di Pangdam…


Suatu siang saat matahari bersinar terik di Pangkalan Damri (Pangdam) Jatinangor, saya dengan ibu saya dan entah siapa lagi (lupa) duduk manis di dalam Damri. Lama rasanya menunggu bis berangkat. Beberapa belas menit setelah kami membuat pantat nyaman di jok, rombongan mahasiswa, yang saya duga mahasiswa Unpad, duduk di belakang kami. Sejak mereka yang kira-kira berjumlah empat orang itu naik, salah satu dari mereka terus berceloteh dengan suara yang sepertinya terdengar oleh semua penumpang bis. Dia laki-laki. Logat bicaranya sangat betawi. Tanpa sengaja menguping suaranya yang luar biasa keras dan percaya diri, dia sedang bercerita kepada teman-temannya tentang pertemuannya dengan seorang ibu.
“…Ibu itu langsung bilang: Aduh. Meni kasep pisan ujang ieu mah…” Dia mengucapkan kalimat Bahasa Sunda dengan logat dipaksakan. Stereotip orang Sunda di sinetron. Tawa teman-temannya berderai sebentar.
“Kasep? Kasepak bola kaleee kata gue teh dalem hati.” Lagi-lagi suara teman-temannya berderai. Kali itu lebih lama.
Menurut pengamatan saya, imbuhan ka- dalam Bahasa Sunda bisa disamakan dengan imbuhan ter- dalam Bahasa Indonesia. Artinya “tidak sengaja”. Terjatuh berarti tidak sengaja jatuh. Tersenggol berarti tidak sengaja disenggol. Begitu pun dengan kata dalam Bahasa Sunda yang berimbuhan ka-. Kapiceun berarti tidak sengaja dibuang. Kaliwat berarti tidak sengaja dilewat. Kata orang sok humoris di belakang saya itu:
“Kasep? Kasepak bola kaleee…”
Kasepak berarti tidak sengaja disepak. Oleh siapa? Bola? Memang bola bisa ya dengan sengaja maupun tidak sengaja menyepak manusia? Kalau saat itu dia mengatakan kasepak kuda, menurut saya itu tidak salah. Karena memang kuda bisa dengan tidak sengaja menyepak manusia. Atau kalau saat itu dia mengatakan “kasepan (lebih ganteng) kuda” maka saya tidak akan komentar banyak. Hahaha.

Leave a Reply

