Menjelang Research Project


Tanggal 24-26 bulan ini, saya akan berada di Sukabumi untuk Research Project. Di sekolah saya, setiap akan naik ke kelas dua, murid akan diwajibkan mengikuti Research Project, yaitu membuat penelitian di tempat yang telah ditentukan sekolah. Nah, kebetulan angkatan saya akan berangkat ke Sukabumi. Kegiatan kami akan berpusat di Pantai Pajagan dan Kampung Adat Sinar Resmi.

Jauh sebelumnya, masing-masing murid sudah diberi beberapa judul yang harus dipilih. Saya memilih judul “Pengaruh Modernitas Terhadap Eksistensi Budaya di Kampung Adat Sinar Resmi, Kabupaten Sukabumi”. Kenapa saya pilih judul itu? Satu-satunya jawaban adalah karena saya tidak masuk sekolah waktu pemilihan judul, jadi, itulah sisanya. Terpaksa sebetulnya. Tapi semakin lama saya semakin menikmati.

Pertama saya harus ragangan. Untuk mencapai kata ACC dari pembimbing 1 dan 2, saya harus membuat tinta printer hitam di rumah habis. Dan akhirnya, setelah dua kali bimbingan dengan masing-masing pembimbing, ragangan saya di ACC!! Berikutnya quisioner. Saya harus membuat quisioner dengan banyak pertanyaan karena penelitian saya gunakan dengan menyebar quisioner ke masyarakat Kampung Adat dan melakukan wawancara. Jujur, semua itu membuat saya lelah. Tapi untung saya bisa ikhlas, jadi sirna sudah semua lelah. Haha.

Dari mengerjakan ragangan, saya jadi tahu banyak mengenai modernisasi. Apa itu  modernisasi, bagaimana, dan apa dampaknya. Itu adalah ilmu berguna buat saya.

Sebagai seorang pelajar SMA, ternyata saya sudah mengalami yang disebut modernisasi itu sendiri. Seorang individu yang modern akan menjauh dari hal-hal yang bersifat mistis dan modern. hal yang menurut saya positif itu telah banyak saya lihat di kehidupan saya sendiri dan teman-teman. Budaya pamali yang irasional semakin jauh ditinggalkan. Individu menjadi lebih percaya pada ilmu pengetahuan dan teknologi. Ada pula kerusakan pada budaya karena banyak hadir budaya dan kebiasaan baru. Parahnya lagi, kebudayaan tersebut hadir dan mendominasi. Lalu kebudayaan milik sendiri pun terkikis.

Tak ada yang saya harapkan dengan penelitian yang saya lakukan, kecuali membuat ilmu saya bertambah. Apalagi membuat masyarakat di lingkungan sekitar saya menghindari pengaruh negatif yang ditimbulkan modernisasi. Itu tidak akan mungkin. Modern merupakan hal yang diimpikan banyak orang. Termasuk saya. Semua orang menginginkan kemapanan. Modernitas dipercaya mampu menciptakan kemapanan.

Dan tentang bagaimana masyarakat Kampung Adat menghadapi modernisasi, seusai Research Project, saya akan membahasnya.

Leave a Reply

