Botchan:Sebuah Cerita Modern Dari Tahun 1905


Botchan adalah buku tercepat terakhir yang saya selesaikan. Buku itu membuat saya tersita. Botchan ditulis oleh Natsume Soseki, seorang penulis Jepang, pada tahun 1905.

 Awalnya saya tidak begitu tertarik untuk membaca buku itu. Tapi ibu saya berkata berkali-kali, Botchan adalah buku yang bagus. Dan memang setelah membacanya, perhatian saya dialihkan oleh cara Soseki menuturkan cerita.

 Ceritanya tentang seorang bocah miskin dan nakal yang tinggal di Tokyo. Bocah itu bernama Botchan. Hubungannya dengan kakak dan ibunya tidak baik karena kenakalannya yang membuat malu keluarga. Hanya Kiyo yang terbukti sangat peduli dan perhatian padanya. Kiyo adalah seorang wanita tua yang sudah lama tinggal bersama keluarga Botchan sehingga sudah seperti bagian dari keluarga. Setelah ibunya meninggal dunia, Botchan ditinggalkan juga oleh sang kakak yang sempat memberinya uang sebanyak enam ratus yen. Uang tersebut dipakai untuk melanjutkan sekolah Botchan.

 Sebuah tawaran mengantarkan Botchan ke sebuah daerah terpencil di Jepang untuk menjadi guru matematika. Lalu di bagian itulah Soseki menceritakan tentang kehidupan Botchan, murid-muridnya, teman-teman seprofesinya, bahkan musuhnya. Perjalanan Botchan diselipi dengan humor yang cerdas yang akhirnya menjadikan novel itu tidak membosankan. Seperti yang saya bilang tentang cara penuturan Soseki di buku itu, saya memang kagum. Cara bertuturnya begitu modern, mengingat buku itu ditulis pada tahun 1905. Ada kemungkinan, hal itu disebabkan karena novel Botchan versi Bahasa Indonesia merupakan terjemahan dari versi Bahasa Inggrisnya. Entahlah. Yang pasti saya suka novel itu. Novel yang membuat saya terus menerus membuka lembarannya satu demi satu hingga selesai.

Leave a Reply

