Hei, Raja Ego!


Hei, Bung! Aku kini mulai lelah. Ingin rasanya tertidur di kasur busa yang empuk dan hangat dan terlelap tanpa mimpi. Aku lelah dengan fanatisme yang kau tunjukkan. Semuanya berlebihan. Awalnya, saat manusia lain memberimu kritik, kau melakukan sederet pembelaan diri yang rasanya tak kunjung usai. Dimana profesionalismemu? Kau telah membiarkan orang lain melihat kekuranganmu. Tanpa kau sadari kau membuat pintu negatifmu terbuka. Aku hanya iba. Iba melihatmu dicerca banyak orang. Apa mau dikata, mereka telah melihat celah yang tanpa sengaja kau buka itu. Aku pun begitu. Intensitas kecintaanmu pada pekerjaan di setiap detak jantungmu itu rendah. Itu karena kau tak bisa menerima kekuranganmu sendiri, bung!

Ego yang luar biasa tinggi malahan kau pelihara. Oke. Mungkin hingga saat ini ego itu berguna. Bagi kelangsungan hidup dan karirmu yang dipandang orang-orang yang (hanya) mengaku sebagai kalangan minoritas. Bangga. Tapi lihat dirimu di masa depan. Mau jalani karir seperti apa?! Sadar, bung!

Apapun dirimu, kau hanyalah musisi yang mencoba sukses. Tak ada bedanya dengan pengacara, pengusaha, pedagang bakso, atau pengemis sekalipun. Sama-sama mencari simpati orang dengan musikmu yang tak tahu berasal dari otak siapa. Sama-sama berjuang dengan peluh yang bercucuran. Sama denganku. Tak ada beda. Kita hanya manusia yang berlari maraton mengejar sukses di kemudian hari.

Perlahan, aku akan mengubah hidupku. Aku akan mengisinya dengan ribuan liter introspeksi. Semoga. Dan semoga kau bisa mengikuti jalanku. Atau mungkin kita dapat melangkah bersama. Ingat, kesuksesan dan ribuan orang yang berteriak menyemangatimu dibelakangmu kini bukanlah segalanya. Kau bisa mendapatkan lebih. Aku harap.

Sial. Aku terlalu panjang berbicara. Aku tak ingin dianggap mencaci dan berceramah. Aku hanya mencoba menyadarkanmu. Jadi, sadarlah, bung!

Leave a Reply

