Perlakuan Diskriminatif Terhadap Etnis Muslim Rohingya


Penemuan ratusan pengungsi Rohingya di Perairan Sabang menggenapi berita terdamparnya seribuan pengungsi minoritas Burma. Sebelumnya, ratusan pengungsi juga terdampar di Perairan India. Mereka adalah kelompok minoritas Islam yang tinggal di perbatasan Burma dan Bangladesh. Tetapi karena ingin mencari penghidupan yang lebih baik, mereka pergi ke Thailand, ternyata yang mereka terima hanyalah kekejian dari Polisi Thailand sampai akhirnya mereka dibuang ke laut setelah disiksa di tahanan imigrasi. Selama di Thailand, para warga muslim Rohingya ini tidak memiliki kartu identitas serta menjadi bulan-bulanan pemerasan dan aksi kejahatan.

Akibatnya, banyak yang kehilangan sanak keluarga mereka. Kepada petugas imigrasi India, seorang lelaki mengaku menyaksikan anak laki-lakinya hilang ditelan ganasnya laut Andaman.

Selama ini, penduduk muslim Rohingya dilarang memiliki tanah garapan dan tidak punya akses untuk mencari pekerjaan. Juga perlakuan diskriminatif membuat mereka bekerja lebih keras dibandingkan warga lain. Pria Rohingya dipaksa bekerja tanpa bayaran pada militer negara selama sepekan penuh. Karena itu, mereka tidak bisa mencari nafkan untuk keluarga.

(Majalah Tempo edisi 9-15 Februari 2009)

Kini, yang menjadi tumpuan hidup para penduduk muslim Rohingya hanyalah perhatian dari ASEAN dan belas kasihan negara-negara dunia. Semoga pihak-pihak seperti ASEAN, HRW (Lembaga Pemantau Hak Asasi Manusia Amerika Serikat), PBB, dan yang lainnya memberikan kebebasan bagi penduduk muslim Rohingya, karena mereka juga manusia yang berhak membela hak asasi manusianya masing-masing. Bukan hanya itu, pemerintah Thailand, termasuk kepolisiannya, juga seharusnya diberi sanksi atas perlakuan diskriminatif yang dilakukannya. Peristiwa ini memperlihatkan bahwa rasisme masih tumbuh subur di kehidupan, maka yang bisa dilakukan oleh berbagai etnis, bangsa, agama, dan ras di berbagai belahan dunia kini adalah menghargai perbedaan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s