Kembali Jadi Trend


Jaman sekarang, jaman yang cepat sekali berubah, mungkin salahsatu sebabnya ya, globalisasi. Teknologi maju, pemikiran orang-orang pun diperkirakan semakin matang. Tetapi tanpa disadari banyak hal yang cenderung membuat kita kembali ke jaman dulu. Trend berpakaian misalnya. Awalnya kacamata ‘jengkol’ atau yang sebaiknya disebut ‘kacamuka’ itu hadir dan menjadi ngetrend di tahun 70-an. Di foto ibu dan nenek saya yang hitam putih, sekarang ditempel di lemari kaca di dapur, kacamata yang lebar itu bertengger diwajah nenek. Dulu lagi trend, begitu kata ibu saya.

Sekarang atau tepatnya mulai kira-kira awal tahun 2007, ‘kacamuka’ itu kembali marak dipakai. Dari orang-orang yang hanya main ke mall, para turis, sampai para selebritis yang sering nongol di televisi, ‘kacamata jengkol’ kembali jadi trend!

Yang menyeramkannya lagi, ritual-ritual di Suku Aztec juga kembali ngetrend. Mutilasi. Setiap hari para pendeta Suku Aztec melaksanakan persembahan korban di Imperium Aztec. Membelah dada korban dengan batu obsidian yang ditajamkan dan mengambil jantungnya yang masih berdenyut sampai lima menit setelah berada di luar tubuh korban. Persembahan para pedagang Aztec beda lagi. Mereka membeli korbannya dan mengistimewakannya sebelum akhirnya mencincang tubuh si korban dan membawanya ke rumah untuk dicuci dan dimasak oleh para wanita.

Tahun 1989, sebuah mayat terpotong tujuh tanpa badan ditemukan di depan kampus IKIP Rawamangun, Jakarta Timur. Jari-jari tangannya dibuang. Wajahnya disayat. Pastinya hal itu tidak mempunyai alasan yang sama dengan para pendeta Aztec yang menyayat bagian-bagian tubuh mereka sendiri untuk mempersembahkan darah mereka sendiri bagi para dewa. Juga hadir setelah itu, Dukun Usep, Dukun AS, Gribaldi Handayani, Robot Gedek, Rio Martil, dan Ryan, warga Jombang yang menggegerkan itu.

Lalu, berikutnya apalagi yang akan kembali ngetrend??

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s